Jumat, 12 Agustus 2016

Pesawat Terbesar di Dunia








Pesawat merupakan transportasi udara yang dapat menampung banyak muatan penumpang. Untuk dapat menampung penumpang yang banyak tersebut tentunya pesawat harus memiliki bobot yang besar. Nah, saat ini sudah banyak pesawat yang berukuran besar (pesawat raksasa) yang dapat kamu lihat. An-225 Mriya merupakan nama dari pesawat itu.

 

 

Pesawat An-225 Mriya ini merupakan pesawat terbesar yang dibuat oleh perusahaan Antonov dengan panjang 2.757” dan wing span berukuran 290”. Pesawat transpor militer dengan type heavy military transport aircraft ini didesain oleh The Antonov Design Bureau di Uni Soviet pada tahun 1980. Sebuah pesawat yang ditenagai oleh enam mesin turbojet dan merupakan jenis pesawat terpanjang dan terberat yang pernah dibuat dengan berat maksimum saat lepas landas 640 ton. Memiliki bentang sayap terlebar dari semua jenis pesawat operasional. Jenis pesawat Antonov An-225 hanya dibuat satu unit saja dan masih aktif hingga saat ini.

 


 

Presiden Aviasi Australia Barat David Eyre mengatakan, ini merupakan pesawat terbang terbesar dan terberat yang pernah dibuat. Dalam keadaan kosong, beratnya hanya 175 ton, tetapi jika terisi penuh dan berawak dapat mengangkut hingga 600 ton. Demikian juga sayapnya, memiliki rentang sayap terpanjang dari semua pesawat terbang yang ada. Berbeda dengan pesawat pada umumnya, pesawat ini memiliki dua ekor sehingga membuatnya sedikit tampak berbeda.

 

 

Hingga saat ini pesawat ini masih aktif  dan mampu menampung muatan penumpang yang sangat banyak. Pesawat ini juga sudah masuk dalam rekor Guinness 240 sebagai pesawat dengan rekor mengejutkan. Pesawat ini juga sangat unik karena hanya pesawat ini yang mampu membawa sebuah pesawat. Pesawat ini pernah digunakan untuk mengangkut kargo dalam ukuran besar ke seluruh dunia, misalnya generator seberat 117 ton yang diangkutnya dari Praha.

 

 

Pesawat ini telah melakukan beberapa hal yang cukup mengesankan, seperti memegang rekor membawa kargo terberat yang pernah diangkut melalui udara. Beban muatan terbesarnya adalah 253 ton. Pesawat ini juga pernah mengangkut muatan terpanjang berupa turbin angin sepanjang 42 meter. Pesawat ini juga telah digunakan untuk misi kemanusiaan karena dapat membawa begitu banyak muatan dalam satu kali keberangkatan. Karena itu, pesawat ini telah digunakan dalam situasi bantuan bencana juga. Tentunya pemandangan yang mengesankan bila dapat melihat dari udara pesawat yang begitu besar ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar